Rabu, 13 Juni 2012

Mobil Internet Mempercepat Sebar Informasi

Mobil Internet Mempercepat Sebar Informasi

Sukabumi: Berselancar di dunia maya kini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Jika pintar memanfaatkan kekuatan teknologi untuk kegiatan produktif, internet bisa jadi lahan untuk meraih keuntungan baik dalam bentuk rupiah maupun sekedar menambah pengetahuan. Sayang jaringan internet belum merambah hingga daerah terpencil.

Namun kehadiran mobil internet kini bisa jadi solusi untuk mereka yang tinggal di kawasan terpencil. Pemerintah telah menyediakan 1907 mobil internet yang tersebar di 32 provinsi. Diharapkan program ini makin mencerdaskan serta mendorong perubahan ekonomi masyarakat. Selanjutnya pemerintah membidik internet untuk warga di daerah perbatasan.

Salah satu daerah terpencil yang baru-baru ini dikunjungi mobil internet adalah Desa Parakan Salak, Sukabumi, Jawa Barat. Ada di kaki pegunungan yang dikelilingi oleh perkebunan teh, masyarakat Desa Parakan Salak rata-rata hidup dari beternak dan bertani. Antusias terhadap mobil internet ini terlihat mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga.

Padahal dengan adanya perkembangan teknologi, kehidupan bertani dan beternak warga bisa lebih maju dengan pemanfaatan internet. Untuk itu, pemerintah sejak tahun 2011, mulai menyebarkan satu per satu mobil internet ke pelosok-pelosok desa. Dengan nama Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan atau M-Plik, kini warga desa terjamah teknologi internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar