Kamis, 07 Juni 2012

Pak Harto, The Untold Story Kembali Dibedah

Pak Harto, The Untold Story Kembali Dibedah

Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto memang sudah tiada. Namun kisah Soeharto hingga kini ternyata masih tetap menarik perhatian.

Seperti terungkap dalam buku berjudul Pak Harto: The Untold Stories, di balik kontroversinya penguasa Orde Baru itu ternyata merupakan sosok pemimpin yang sangat sederhana. Tidak sedikit orang-orang dekat Soeharto yang mengaku sangat terkesan dengan kesederhanaannya. Baik kesederhanaan sebagai orang desa maupun sebagai orang Jawa yang memegang teguh ajaran-ajaran tradisinya.

Buku ini menjadi menarik karena orang-orang yang dekat dengan kehidupan Pak Harto dan sejumlah orang yang berseberangan dengan penguasa Orde Baru tersebut, juga turut andil memberikan kesan-kesannya dalam buku tersebut.

Meski diluncurkan sejak dua tahun lalu, bedah buku berjudul Pak Harto: The Untold Stories hingga kini masih digelar di berbagai tempat. Seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di Sleman, belum lama ini.

Bagi kalangan akademisi, buku ini menarik untuk dikaji karena menawarkan sisi humanis Pak Harto. Terutama yang jarang didengar dan diketahui khalayak ramai.

Tentunya, sang pengarang berharap pembaca dan masyarakat bisa melihat Pak Harto dari sisi yang lebih jernih dan berbeda dengan opini yang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar