Rabu, 13 Juni 2012

Nutrisi Picu Kematian Saat Melahirkan di Indonesia

Nutrisi Picu Kematian Saat Melahirkan di Indonesia

London: Bagi Anda yang ingin menjauhi risiko diabetes, ada baiknya jika Anda memperbanyak minum air putih. Seperti dinyatakan dalam studi terbaru bahwa banyak minum air putih dapat menurunkan risiko diabetes.

Berdasarkan penelitian di Harvard School of Public Health, mengganti minuman manis dengan air putih dapat membantu mencegah gangguan metabolisme, yang otomatis dapat mengurangi risiko diabetes. Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu dilakukan terhadap 82.902 wanita dalam 12 tahun terakhir. Seiring berjalannya waktu, diketahui 2.700 di antaranya terkena diabetes.

Menurut studi yang dipimpin Frank Hu tersebut juga disebutkan bahwa meminum minuman manis sangat berisiko tinggi untuk memicu diabetes. Menurutnya, kopi tanpa gula atau teh mungkin menjadi alternatif yang baik untuk menggantikan minuman manis.

Wanita yang minum minuman bersoda dan jus buatan memiliki risiko diabetes lebih tinggi 10 persen dibanding hanya minum air putih untuk setiap gelas yang dikonsumsi setiap hari.Tim peneliti memperkirakan bahwa jika wanita mengganti satu gelas minuman bersoda atau jus buah buatan dengan satu gelas air putih, maka risiko diabetes akan turun sekitar 7 hingga 8 persen.

"Meskipun penurunan risiko tidak terlalu besar karena diabetes sudah begitu umum dalam masyarakat, menurutku angka tersebut sudah cukup besar dalam hal populasi," kata Frank Hu.

Hu juga menyatakan bahwa jus buah buatan itu tidak tepat untuk dijadikan pengganti soda atau minuman manis lainnya."Sebenarnya jus buah buatan itu mengandung jumlah kalori yang sama dengan gula sebagai minuman ringan. Intinya bahwa air putih adalah salah satu pilihan terbaik sebagai minuman bebas kalori yang terbaik. Jika air putih dirasa terlalu tawar, Anda bisa mencampurkannya dengan perasan lemon atau jeruk nipis," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar